Kita semua pasti memiliki sahabat sejati, apakah ia teman sepermainan, teman semasa sekolah rendah, sekolah menengah atau teman semasa di universiti yang sampai sekarang tetap menjadi sahabat terbaik dan curahan hati kita ^_^ Meskipun jarak memisahkan......

Allah menjanjikan kepada dua orang sahabat yang saling mencintai karena Allah dengan naungan pada Hari pembalasan, yang tidak ada naungan kecuali naunganNya.

Nah...Sekarang bagaimana caranya menumbuhkan rasa cinta tulus itu dan bagaimana pula cara memupuknya agar terus bersemi Indah ^_^ agar cinta yang tumbuh itu adalah cinta murni Hanya karena Allah dan Untuk Allah.

Tidak usah jauh-jauh mencari resepinya teman, Resepinya sudah ada di Hadis Rasululloh SAW tercinta, Berikut --- 8 Resepi--- yang sangat Ampuh untuk menumbuhkan Rasa cinta itu.........


1- Berikan ia senyuman terbaikmu
Rasululloh Besabda: " Senyummu dihadapan saudaramu adalah Shodaqoh".


2- Bantu Meringankan Bebannya
Rasululloh Besabda: "Barangsiapa yang meringankan beban saudaranya maka Alloh akan meringankan bebannya didunia dan Akhirat...."

3- Saling menghadiahi
Rasululloh Besabda: Tahadduuu tahabbuu .... "Saling menghadiahilah kalian, maka akan tumbuh rasa cinta dan kasih sayang diantara kalian...."

4- Menutupi Aibnya dan Menjaga Nama baiknya
Rasulullah bersabda : Barang siapa menutupi Aib saudaranya, maka Allah akan menutupi aibnya didunia dan Akhirat…… Subhanallah


5- Menjaga tali silaturahim dengannya
Rasulullah bersabda : "Sambunglah tali silaturahim", bahkan syurga tidak mahu menerima orang yang memutuskan tali silaturahim dengan saudaranya, Rasululloh juga bersabda : Tidak masuk syurga siapa-siapa yang memutuskan tali silaturahim.

Begitu besar manfaat silaturahim ini,seperti yang telah Rasulullah Sabdakan, diantaranya memperbanyak Rezeki dan memancanjangkan umur, dan juga umur kita penuh berkah kerana doa dari saudara-saudara kita yang selalu kita jalin silaturahim dengannya.

6- Mendoakannya selalu
Rasulullah Besabda: " Doa yang terbaik adalah Doamu untuk saudaramu sedangkan ia tidak mengetahuinya."

Dengan saling mendoakan akan menumbuhkan ketulusan persahabatan dan persaudaraan dan bisa menjauhkan kita dari Iri, Hasad dan dengki serta persahabatn kita semakin Tulus kerana Allah.

7- Mengingatkan jika sahabat kita sedang Khilaf dan memaafkan jika Ia melakukan kesalahan
No bodys perfect, itulah kata-kata yang tepat untuk kita semua tanpa terkecuali, Sebaik apapun sahabat kita, pasti suatu saat ia akan melakukan kesalahan. sebagai sahabat kita harus mengingatkannya namun dengan cara-cara yang baik dan berdasar atas kasih sayang, bukan untuk menghakimi tapi untuk memberi pengertian kepadanya akan kekeliruan yang telah dilakukannya.

Tentu kita semua pernah melakukan kesalahan, Apa yang kita inginkan jika kita melakukan kesalahan..?? pasti kita ingin agar orang lain memaafkan kesalahan kita, demikian juga orang lain, mereka ingin agar kesalahannya kita maafkan.

Memang tidak mudah memaafkan kesalahan orang lain, apalagi jelas-jelas dilakukan dengan kesengajaan, diberikan kebesaran jiwa dan kelapangan dada, karena itulah Allah sangat menyukai orang-orang yang berjiwa pemaaf.

Ya Allah jadikanlah kami Hambamu yang memiliki Jiwa besar untuk memaafkan kesalahan saudara-saudara kami baik sengaja ataupun tidak, dan berilah kekuatan kpd kami untuk menyadarkan kekeliruannya secara bijak dan tulus keranaMu, Amin.

8- Bertemu dan berpisah Hanya Karena Allah
Allah sangat mencintai Seorang hamba yang jauh-jauh datang ke rumah saudaranya hanya untuk menjumpai saudaranya karena Allah, bukan karena kepentingan duniawi semata. Mereka bertemu dan berpisah karena Alloh.

Sungguh persahabatan yang dirindu syurga^_^

0 comments: